Kamis, 07 Oktober 2010

Tugas (1) "Logika & Algoritma"


( Masalah: )

Tiga pasang suami istri bermaksud menyeberangi sebuah sungai dari kampung A ke kampung B.  Hanya ada sebuah perahu kecil yang hanya bisa membawa tidak lebih dari dua orang setiap kali menyeberang. Penyeberangan juga dirumitkan oleh kenyataan bahwa para suami sangat pencemburu dan tidak mau meninggalkan istri-istri mereka jika ada lelaki lain. Tulislah algoritma untuk menunjukkan bagaimana penyeberangan itu bisa dilakukan.

( Solusi: )

 {Masing-masing pasangan disimbolkan dengan S1 I1, S2 I2, dan S3 I3}

Algoritmanya:
  {di kamp. A: S1, I1, S2, I2, S3, I3 --- di kamp. B: belum ada}
- I1 dan I2 menyeberang ke kampung B
  {di kamp. A: S1, S2, S3, I3 --- di kamp. B: I1, I2}
- I2 kembali ke kampung A
  {di kamp. A: S1, S2, I2, S3, I3 --- di kamp. B: I1}
- I2 dan I3 menyebrang ke kampung B
  {di kamp. A: S1, S2, S3 --- di kamp. B: I1, I2, I3}
- I3 kembali ke kampung A
  {di kamp. A: S1, S2, S3, I3 --- di kamp. B: I1, I2}
- S1 dan S2 menyeberang ke kampung B
  {di kamp. A:  S3, I3 --- di kamp. B: S1, I1, S2, I2}
- S2 dan I2 kembali ke kampung A
  {di kamp. A: S2, I2, S3, I3 --- di kamp. B: S1, I1}
- S2 dan S3 menyeberang ke kampung B
  {di kamp. A: I2, I3 --- di kamp. B: S1, I1, S2, S3}
- I1 kembali ke kampung A
  {di kamp. A: I1, I2, I3 --- di kamp. B: S1, S2, S3}
- I1 dan I2 menyeberang ke kampung B
   {di kamp. A: I3 --- di kamp. B: S1, I1, S2, I2, S3}
- I2 kembali ke kampung A
  {di kamp. A: I2, I3 --- di kamp. B: S1, I1, S2, S3}
- I2 dan I3 menyebrang ke kampung B
  {di kamp. A: habis --- di kamp. B: S1, I1, S2, I2, S3, I3}


Tugas (2) "Logika & Algoritma"



Tuliskan algoritma dari kegiatan berikut:
  • membuat pakaian
  • membuat mie + telur dadar
  • mengisi voucher pulsa

 Penyelesaian


A. Algoritma dalam membuat pakaian
  1. Menyiapkan bahan, kain dan peralatan menjahit
  2. Menentukan ukuran, biasanya sudah ada ukuran standard (S-M-L-XL)
  3. Membuat pola
  4. Memotong kain sesuai pola, dilebihkan +5 cm untuk area menjahit
  5. Menjahit sesuai pola yang ada
  6. Merapikan pakaian yg sudah jadi
B. Algoritma dalam membuata Mie + Telur Dadar
  1. Siapkan mie instant dan telur
  2. Nyalakan kompor
  3. Panaskan minyak untuk menggoreng telur
  4. Pecahkan telur masukkan dalam mug
  5. Dikocok-kocok, tambahkan garam secukupnya
  6. Goreng hingga matang
  7. Angkat dan tiriskan
  8. Panaskan air untuk merebus mie
  9. Siapkan bumbu dalam piring/mangkuk
  10. Rebus mie selama + 3 menit
  11. Angkat dan tiriskan
  12. Masukkan ke dalam piring/mangkuk yg sudah siap dengan bumbu
  13. Campurkan mie dan bumbu secara merata
  14. Sajikan bersama telur dadar
C. Algoritma dalam mengisi pulsa HP
  • Voucher Elektrik
  1. Ketik SMS berikut: kode<spasi>nominal_pulsa<spasi>nomor_penerima<spasi>kode_PIN
  2. Masukkan nomor provider pulsa
  3. Kirim
  4. Pulsa otomatis masuk ke nomor penerima setelah SMS berhasil diterima oleh provider pulsa.
  • Voucher Fisik
  1. Gesek kartu untuk melihat kode voucher
  2. Ketikkan kode voucher sesuai perintah (berbeda untuk tiap jenis Kartu SIM)
  3. Lalu tekan yes/Ok/telp.
  4. Pulsa otomatis bertambah sesuai nominal pada voucher.

Tugas (3) "Logika & Algoritma"


Soal

  1. Tentukan nilai A=3. Seleksi A, jika A=bilangan genap maka cetak genap, sebaliknya cetak ganjil.
  2. Tentukan nilai A=25. Seleksi A, jika A=bilangan kelipatan 3 maka cetak "benar", sebaliknya cetak "salah".
Penyelesaian

1. A = 3.
       {bil. genap = 2, 4, 6, 8, 10, ...dst
         3 tidak termasuk bil. genap,
         berarti 3 adalah bil. ganjil}

       A = 'bil. ganjil'
       jika A = 'bil. genap' maka cetak 'Genap'
       sebaliknya cetak 'Ganjil'
    Hasil: Ganjil

proses_utk_soal_nmr_1

output_utk_soal_nmr_1

2. A = 25
       {bil. kelipatan 3 = 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, ...dst
         25 tidak termasuk bil. kelipatan 3. Jika difaktorkan
                           25
                            /\
                         5    5
          didapat 5 merupakan faktor terkecil dari 25,
          berarti 25 adalah bil. kelipatan 5.
          bil. kelipatan 5 = 5, 10, 15, 20, 25, ...dst}

       A = 'bil. kelipatan 5'
       jika A = 'bil. kelipatan 3' maka cetak 'Benar'
       sebaliknya cetak 'Salah'
    Hasil: Salah

proses_utk_soal_nmr_2
output_utk_soal_nmr_2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar