Tugas (1) "Logika & Algoritma"
( Masalah: )
( Solusi: )
{Masing-masing pasangan disimbolkan dengan S1 I1, S2 I2, dan S3 I3}
Algoritmanya:
{di kamp. A: S1, I1, S2, I2, S3, I3 --- di kamp. B: belum ada}
- I1 dan I2 menyeberang ke kampung B
( Masalah: )
Tiga pasang suami istri bermaksud menyeberangi sebuah sungai dari kampung A ke kampung B. Hanya ada sebuah perahu kecil yang hanya bisa membawa tidak lebih dari dua orang setiap kali menyeberang. Penyeberangan juga dirumitkan oleh kenyataan bahwa para suami sangat pencemburu dan tidak mau meninggalkan istri-istri mereka jika ada lelaki lain. Tulislah algoritma untuk menunjukkan bagaimana penyeberangan itu bisa dilakukan.
( Solusi: )
{Masing-masing pasangan disimbolkan dengan S1 I1, S2 I2, dan S3 I3}
Algoritmanya:
{di kamp. A: S1, I1, S2, I2, S3, I3 --- di kamp. B: belum ada}
- I1 dan I2 menyeberang ke kampung B
{di kamp. A: S1, S2, S3, I3 --- di kamp. B: I1, I2}
- I2 kembali ke kampung A
- I2 kembali ke kampung A
{di kamp. A: S1, S2, I2, S3, I3 --- di kamp. B: I1}
- I2 dan I3 menyebrang ke kampung B
{di kamp. A: S1, S2, S3 --- di kamp. B: I1, I2, I3}
- I3 kembali ke kampung A
{di kamp. A: S1, S2, S3, I3 --- di kamp. B: I1, I2}
- S1 dan S2 menyeberang ke kampung B
{di kamp. A: S3, I3 --- di kamp. B: S1, I1, S2, I2}
- S2 dan I2 kembali ke kampung A
- I2 dan I3 menyebrang ke kampung B
{di kamp. A: S1, S2, S3 --- di kamp. B: I1, I2, I3}
- I3 kembali ke kampung A
{di kamp. A: S1, S2, S3, I3 --- di kamp. B: I1, I2}
- S1 dan S2 menyeberang ke kampung B
{di kamp. A: S3, I3 --- di kamp. B: S1, I1, S2, I2}
- S2 dan I2 kembali ke kampung A
{di kamp. A: S2, I2, S3, I3 --- di kamp. B: S1, I1}
- S2 dan S3 menyeberang ke kampung B
{di kamp. A: I2, I3 --- di kamp. B: S1, I1, S2, S3}
- I1 kembali ke kampung A
{di kamp. A: I1, I2, I3 --- di kamp. B: S1, S2, S3}
- I1 dan I2 menyeberang ke kampung B
{di kamp. A: I3 --- di kamp. B: S1, I1, S2, I2, S3}
- I2 kembali ke kampung A
{di kamp. A: I2, I3 --- di kamp. B: S1, I1, S2, S3}
- I2 dan I3 menyebrang ke kampung B
{di kamp. A: habis --- di kamp. B: S1, I1, S2, I2, S3, I3}
Tugas (2) "Logika & Algoritma"
Tuliskan algoritma dari kegiatan berikut:
Penyelesaian
A. Algoritma dalam membuat pakaian
Tugas (3) "Logika & Algoritma"
Soal
1. A = 3.
{bil. genap = 2, 4, 6, 8, 10, ...dst
A = 'bil. ganjil'
jika A = 'bil. genap' maka cetak 'Genap'
sebaliknya cetak 'Ganjil'
Hasil: Ganjil
2. A = 25
A = 'bil. kelipatan 5'
jika A = 'bil. kelipatan 3' maka cetak 'Benar'
sebaliknya cetak 'Salah'
Hasil: Salah
- S2 dan S3 menyeberang ke kampung B
{di kamp. A: I2, I3 --- di kamp. B: S1, I1, S2, S3}
- I1 kembali ke kampung A
{di kamp. A: I1, I2, I3 --- di kamp. B: S1, S2, S3}
- I1 dan I2 menyeberang ke kampung B
{di kamp. A: I3 --- di kamp. B: S1, I1, S2, I2, S3}
- I2 kembali ke kampung A
{di kamp. A: I2, I3 --- di kamp. B: S1, I1, S2, S3}
- I2 dan I3 menyebrang ke kampung B
{di kamp. A: habis --- di kamp. B: S1, I1, S2, I2, S3, I3}
Tugas (2) "Logika & Algoritma"
Tuliskan algoritma dari kegiatan berikut:
- membuat pakaian
- membuat mie + telur dadar
- mengisi voucher pulsa
Penyelesaian
A. Algoritma dalam membuat pakaian
- Menyiapkan bahan, kain dan peralatan menjahit
- Menentukan ukuran, biasanya sudah ada ukuran standard (S-M-L-XL)
- Membuat pola
- Memotong kain sesuai pola, dilebihkan +5 cm untuk area menjahit
- Menjahit sesuai pola yang ada
- Merapikan pakaian yg sudah jadi
- Siapkan mie instant dan telur
- Nyalakan kompor
- Panaskan minyak untuk menggoreng telur
- Pecahkan telur masukkan dalam mug
- Dikocok-kocok, tambahkan garam secukupnya
- Goreng hingga matang
- Angkat dan tiriskan
- Panaskan air untuk merebus mie
- Siapkan bumbu dalam piring/mangkuk
- Rebus mie selama + 3 menit
- Angkat dan tiriskan
- Masukkan ke dalam piring/mangkuk yg sudah siap dengan bumbu
- Campurkan mie dan bumbu secara merata
- Sajikan bersama telur dadar
- Voucher Elektrik
- Ketik SMS berikut: kode<spasi>nominal_pulsa<spasi>nomor_penerima<spasi>kode_PIN
- Masukkan nomor provider pulsa
- Kirim
- Pulsa otomatis masuk ke nomor penerima setelah SMS berhasil diterima oleh provider pulsa.
- Voucher Fisik
- Gesek kartu untuk melihat kode voucher
- Ketikkan kode voucher sesuai perintah (berbeda untuk tiap jenis Kartu SIM)
- Lalu tekan yes/Ok/telp.
- Pulsa otomatis bertambah sesuai nominal pada voucher.
Tugas (3) "Logika & Algoritma"
Soal
- Tentukan nilai A=3. Seleksi A, jika A=bilangan genap maka cetak genap, sebaliknya cetak ganjil.
- Tentukan nilai A=25. Seleksi A, jika A=bilangan kelipatan 3 maka cetak "benar", sebaliknya cetak "salah".
1. A = 3.
{bil. genap = 2, 4, 6, 8, 10, ...dst
3 tidak termasuk bil. genap,
berarti 3 adalah bil. ganjil}
jika A = 'bil. genap' maka cetak 'Genap'
sebaliknya cetak 'Ganjil'
Hasil: Ganjil
![]() | |
proses_utk_soal_nmr_1 |
![]() |
output_utk_soal_nmr_1 |
2. A = 25
{bil. kelipatan 3 = 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, ...dst
25 tidak termasuk bil. kelipatan 3. Jika difaktorkan
25
/\
5 5
didapat 5 merupakan faktor terkecil dari 25,
berarti 25 adalah bil. kelipatan 5.
bil. kelipatan 5 = 5, 10, 15, 20, 25, ...dst}
jika A = 'bil. kelipatan 3' maka cetak 'Benar'
sebaliknya cetak 'Salah'
Hasil: Salah
![]() |
proses_utk_soal_nmr_2 |
![]() |
output_utk_soal_nmr_2 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar